Belajar CTPS Sejak Usia Dini untuk Cegah Pneumonia pada Anak

Dina T.Dadu, pendidik PAUD Desa Palamoko mengajarkan praktek cuci tangan pakai sabun ke anak PAUD.

Ada beberapa cara untuk mencegah anak dari bahaya Penyakit Pneumonia, salah satunya adalah mengajarkan anak untuk selalu cuci tangan pakai sabun (CPTS). Demikian yang dikemukakan salah seorang Pendidik PAUD Desa Palamoko, Dina T.Dadu saat mendampingi anak-anak mengikuti kegiatan Kampanye Save The Children Stop Pneumonia melalui CPTS pada Rabu (22/5) lalu. Ibu Dina tampak bersemangat mencontohkan praktek 7 langkah CTPS ( unduh flyer cuci tangan pakai sabun CPTS). Guru PAUD ini pun mengaku sangat senang  dan sangat mengapresiasi hadirnya tim Advocacy and Campaign Save The Children di lokasi kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong.

“Sejak kemarin (Selasa-red) anak-anak sudah tak sabar untuk mau berpartisiapasi dalam kegiatan cuci tangan pakai sabun maupun kegiatan pos baca yang diadakan Save The Children. Saya ajarkan ke mereka bahwa dengan rutin cuci tangan pakai sabun maka kita bisa mencegah Pneumonia dan penyakit lain, “terang ibu Dina.

Dina T.Dadu menerangkan, dengan mencuci tangan pakai sabun merupakan kebiasaan yang bisa mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri merugikan. Karena itu, pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS harus terus menerus dilakukan dan diajarkan kepada anak-anak. Melalui tangan, anak-anak diberitahukan bahwa tangan merupakan media utama pernularan bakteri. Dengan mencuci tangan, selain mencegah Pneumonia juga terbukti menekan angka kematian.

Saat mencuci tangan, saran ibu Dina, harus dilakukan di air yang mengalir karena terbukti lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan tisu basah atau hand sanitizer. Sabun sudah mengandung antiseptik dan memiliki formula khusus sehingga tangan menjadi lebih bersih. (***)

Pendidik PAUD Desa Palamoko, Dina T. Dadu memberikan contoh langkah ke-4 cuci tangan pakai sabun CPTS yaitu gosok kedua punggung jari bergantian .

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.