Anak-Anak Palamoko Belajar Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Yulius Toda,Yunita Dega dan teman-teman dari SD Palamoko mempraktekkan cuci tangan pakai sabun.

Membiasakan untuk cuci tangan pakai sabun harus dimulai sejak usia dini. Seperti halnya yang dilakukan oleh anak-anak di Desa Palamoko, Kabupaten Sumba Barat pada Rabu (22/5) lalu. Anak-anak PAUD, SD dan SMP menyerbu tempat cuci tangan. Mereka pun mengikuti petunjuk cara mencuci tangan yang benar yang disampaikan oleh Haryati Podu Lobu, staf Save The Children Sumba. ( Unduh flyer cuci tangan pakai sabun CPTS)

“Senang bisa cuci tangan pak, “ujar Yunita Dega, anak SD Palamoko.

Yunita dan 50 temannya pada sore itu nampak senang sekali. Mereka benar-benar tak sabar ingin menunjukan kepada ratusan warga yang menyaksikan bahwa mereka bisa mencuci tangan yang benar. Pada Rabu sore itu anak-anak diatur secara bergiliran. Mula-mula diberi kesempatan kepada anak-anak PAUD. Sebanyak 6 orang anak berdiri di setiap ember tempat cuci tangan. Sebelum mencuci tangan, mereka terlebih dahulu mendapatkan penjelasan terkait waktu-waktu penting yang harus mereka cuci tangan pakai sabun yakni saat setelah buang air besar atau BAB, sebelum makan, setelah bersentuhan dengan ternak dan setelah bermain. Anak-anak juga diberitahu bahwa dengan mencuci tangan maka diri kita bisa terhindar dari bahaya Penyakit Pneumonia.

Yulius Toda, seorang anak SD Palamoko, mengatakan, dirinya akan mempraktekan apa yang ia lihat dan dengar. Yulius berjanji, akan selalu mencuci tangan pada setiap waktu seperti setelah BAB, bermain dengan hewan dan sebelum makan. (***)

Haryati Podu Lobu, staf Save The Children Sumba, memberi contoh langkah-langkah cuci tangan pakai sabun ke anak-anak desa Palomoko

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.